15 Okt 2018

Mengenal Tanaman Seroja


Seroja dengan nama ilmiah Nelumbo nucifera, juga dikenal dengan nama lotus india, lotus suci atau sakral, kacang india, kacang mesir atau hanya lotus, adalah salah satu dari dua spesies tanaman air yang ada dalam keluarga Nelumbonaceae. Tumbuhan ini juga sering kali disebut sebagai "lili air". Dalam kondisi yang baik dan cocok, biji-biji dari tanaman air ini dapat tetap hidup selama bertahun-tahun, dengan perkecambahan seroja tertua yang tercatat berasal dari biji-biji yang berusia 1.300 tahun yang ditemukan kembali dari dasar danau kering di timur laut Tiongkok.

Tumbuhan ini memiliki wilayah penyebaran asli yang sangat luas, mulai dari India tengah dan utara (di ketinggian hingga 1.400 meter atau 4.600 kaki di Himalaya selatan), melintasi Indochina utara dan Asia Timur (utara ke wilayah Amur; penduduk Rusia kadang-kadang menyebutnya "Nelumbo komarovii"), dengan lokasi terisolasi di Laut Kaspia. Saat ini spesies ini juga dapat ditemukan di India selatan, Sri Lanka, hampir seluruh Asia Tenggara, Papua Nugini, dan Australia utara dan timur, namun ini mungkin hasil dari translokasi manusia. Tumbuhan ini memiliki sejarah yang sangat panjang (sekitar 3.000 tahun) yang dibudidayakan untuk bijinya yang dapat dimakan, dan umumnya dibudidayakan di kebun air. Bunga seroja atau lotus merupakan bunga nasional India dan Vietnam.

Seroja sering dibingungkan dengan teratai atau lili air (Nymphaea, khususnya Nymphaea caerulea "teratai biru"). Bahkan, beberapa sistem lama, seperti sistem Bentham & Hooker (yang banyak digunakan di anak benua India) menyebut lotus dengan sinonim lama Nymphaea nelumbo. Ini, bagaimanapun, tidak benar secara taksonomi. Jauh dari berada dalam keluarga yang sama, Nymphaea dan Nelumbo adalah anggota dari ordo yang berbeda (masing-masing Nymphaeales dan Proteales).

Bunga seroja yang indah memesona banyak digunakan sebagai tanaman penghias kolam di taman-taman. Seroja juga dapat dibudidayakan di pot yang berisi tanah berlumpur dan berair.
Buka Komentar
Comment Policy:Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif!